BANNER KABUPATEN LUWU

Sekda Kota Palopo Wakili Walikota Palopo Hadiri Peluncuran Kirab Pemilu Tahun 2024

Sekretaris Daerah Kota Palopo, Bapak Drs. H. Firmanza DP, SH., M.Si, mewakili Walikota Palopo menghadiri Peluncuran Kirab Pemilu Tahun 2024
Sekretaris Daerah Kota Palopo, Bapak Drs. H. Firmanza DP, SH., M.Si, mewakili Walikota Palopo menghadiri Peluncuran Kirab Pemilu Tahun 2024

Palopo, Libasnews.co.id-

Sekretaris Daerah Kota Palopo, Bapak Drs. H. Firmanza DP, SH., M.Si, mewakili Walikota Palopo menghadiri Peluncuran Kirab Pemilu Tahun 2024 “Setahun Menuju Pemungutan Suara”yang dilaksanakan secara Live Streaming. Di Ruang Media Center Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo. Selasa 14/2/2023. 

Sambutan Ketua KPU Kota Palopo Abbas Djohan, S.H.,  S.H.I., M.H, mengatakan momentum satu tahun kedepan kita akan melaksanakan pemungutan suara. Sesuai dengan perintah dari KPU RI untuk melaksanakan pengembangan live streaming seluruh Indonesia Kirab setahun menuju pemungutan suara, berbeda dengan tahun lalu hari ini adalah pencetusan yang baru. 

Besok starnya kirab di masing-masing delapan titik. Dari delapan titik Sul-Sel masuk zona ke-delapan. Hari ini Pembukaan secara live streaming selanjutnya ada Tim dari KPU RI yang sudah di bagi tugas dalam delapan titik untuk membawa dan mengkampanyekan partai politik yang telah ditetapkan oleh KPU RI. 

Kota Palopo sudah ditetapkan empat dapil dimana sebelumnya perubahan lalu tiga dan menjadi empat.  Diskusi dari empat dapil bukan bukan merupakan hal yang tabu tapi itusudah keputusan final. 

Memang konsekuensi terbesar adalah pertarungan antara partai politik memang sangat dibutuhkan kerja keras. Akan disiapkan arena konflik untuk mengkonflikkan gagasan dan ide-ide nya di masyarakat sehingga pilihan masyarakat itu tepat. 

Sosialisasi terkait daerah pemilihan dapil akan dilakukan menunggu petunjuk dari KPU Provinsi terkait sosialisasi dapil Kota Palopo. 

Sambutan Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, S.H., M.Si., Ph.D. dalam rangka menuju satu tahun pemungutan suara pemilu Tahun 2024 yang ditandai dengan peluncuran kirab dari tujuh titik di seluruh penjuru Indonesia yang nanti secara astafet dari kabupaten/kota yang titik dimulainya kirab itu secara bergiliran.

Ini sebagai simbol bahwa pemilu tidak hanya terjadi di tingkat pusat tetapi justru pemilu dimulai dan dilaksanakan di daerah semua anggota DPR, calon-calon yang akan berkompetisi itu pemilih konsetuen suara berasal dari daerah. Ini hal yang penting sebagai simbolis bagi kita semua bahwa masyarakat kita rakyat pemilih itu berada di daerah. 

Tema yang kita angkat bersama-sama dalam rangka satu tahun menuju hari pemungutan suara adalah pemilu sebagai sarana integrasi bangsa kita memahami bahwa pemilu pilkada adalah daerah konflik yang dianggap sah dan legal untuk meraih kekuasaan dan mempertahankan kekuasaan.  

Turut hadir Sekretari Daerah Kota Palopo, Ketua KPU Kota Palopo dan Kepala Perangkat Daerah, Ketua Bawaslu Kota Palopo, Ketua Muhammadiah Kota Palopo, Ketua Partai Politik Se-Kota Palopo. (Arni/Kominfo)

ARTIKEL TERKAIT
Visi - Misi RSUD Sawerigading Palopo