BANNER KABUPATEN LUWU

Resmikan Pengaspalan Jalan Bupati Luwu Tugas Kades Perbaiki Tatanan Kehidupan Masyarakat

Resmikan Pengaspalan Jalan Bupati Luwu Tugas Kades Perbaiki Tatanan Kehidupan Masyarakat
Resmikan Pengaspalan Jalan Bupati Luwu Tugas Kades Perbaiki Tatanan Kehidupan Masyarakat

Luwu, Libasnews.co.id–

Bupati Luwu, Dr. Drs. H. Basmin Mattayang, MPd meresmikan pemanfaatan sejumlah proyek pengaspalan jalan di beberapa titik yang terletak di Kecamatan Suli Barat, Ponrang dan Ponrang Selatan, Senin (23/10/2023)

Dilokasi pertama, Bupati meresmikan pengaspalan jalan di ruas Desa Murante dan Desa Buntu Barana (2,4 KM) serta ruas desa Tawondu – Tallang (4,5 KM) yang menghubungkan kecamatan Suli dan Suli Barat.

Lokasi Peresmian Kedua, Bupati meresmikan pengaspalan jalan yang berada di ruas desa Lare-lare dan desa Tampa ( 4,38 KM) serta ruas Desa Mario – Parekaju (5,53 KM) di kecamatan Ponrang, ruas Kariako – Buntu Batu (4,44 KM) yang terletak di Kecamatan Ponrang Selatan.

Dalam setiap arahannya, Bupati Luwu menyampaikan agar masyarakat senantiasa bersyukur kepada Allah SWT atas pengaspalan jalan yang telah terealisasi oleh pemerintah Kabupaten Luwu.

“Kami telah merealisasikan apa yang menjadi program pemerintah daerah. Tentunya, ini semua berkat karunia dari Allah SWT yang patut kita syukuri, karena manusia yang pandai bersyukur akan bertambah rejekinya,” kata H Basmin Mattayang.

Menurutnya, Pengaspalan jalan bertujuan memperlancar transfortasi masyarakat, sehingga diharapkan dapat merangsang pertumbuhan ekonomi, serta terlaksananya pemerataan pembangunan.

“Kehadiran pemerintah bertujuan mensejahterakan masyarakat, sehingga saya harapkan semua kepala desa dapat merangkul masyarakatnya, berkolaborasi untuk memperbaiki tatanan kehidupan masyarakat, tidak boleh ada yang menderita. Mammesa-mesaki, hindari berselisih paham yang dapat memecah belah persatuan antar warga,” tutur H Basmin Mattayang.

“Junjung tinggi budaya sipakatau, Insya Allah yakin dan percaya Rahmat Allah akan semakin datang kepada kita semua karena rejeki itu datang kalau kita mampu menciptakan iklim yang sejuk, aparat bisa tidur nyenyak jika masyarakatnya sudah tidur dengan nyenyak,” tutupnya.

Kepala Dinas PUTR Kabupaten Luwu, Ir. Ikhsan Asaad, dalam laporannya mengatakan di Kecamatan Suli dan Suli Barat, terdapat pengaspalan jalan ruas Murante – Buntu Barana dan Tawondu – Tallang. Kedua ruas ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023 yang di konsolidasikan.

“Ruas Murante – Buntu Barana menelan anggarannya Rp.2,1 Miliar lebih, ruas Tawondu – Tallang dengan anggaran Rp.11,2 Miliar lebih. Jadi secara keseluruhan peresmian jalan di Kecamatan Suli – Suli Barat dengan panjangnya 6,9 KM dengan total anggaran Rp.13,3 Miliar lebih,” jelas Ikhsan

Untuk ruas Lare-lare dan desa Tampa, ruas Desa Mario – Parekaju dan ruas Kariako – Buntu Batu, Iksan menyebutkan, proyek tersebut menelan total anggaran Rp.23,08 Miliar lebih.

“Tujuan pengaspalan ini, pertama, peningkatan infrastruktur jalan atau kemantapan jalan daerah. Kedua, terjadi peningkatan konektifitas kemantapan jalan yang bisa mendorong masyarakat memaksimalkan perekonomiannya. Dan ketiga, sebagai penghubung integrasi sentra-sentra ekonomi atau proses produksi dan distribusi hasil pertanian bisa berjalan dengan baik,” ungkap Iksan

Sementara itu, Kepala Desa Tampa, Tahir, mewakili masyarakatnya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Luwu beserta jajaran pemerintah daerah.

“Kami pemerintah desa beserta BPD dan masyarakat desa tampa menyampaikan ucapan terima kasih kepada bapak Bupati karena telah mengaspal jalan desa kami, dimana jalan yang dulu sangat susah diakses masyarakat untuk membawa hasil pertanian sekarang sudah ada aspal dan itu salah satu peningkatan yang luar biasa,” ujar Tahir.

Turut mendampingi Bupati dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Luwu, Rusli Sunali, Kajari Luwu, Andi Usama Harun, Wakapolres Luwu, Kompol La Makkanenneng, Ketua TP-PKK Luwu, Hj. Hayarna Basmin, dan Para Kepala OPD. (Arni/Kominfo).

ARTIKEL TERKAIT
Visi - Misi RSUD Sawerigading Palopo