
Palopo, Libasnews.co.id-
Kamis, 21/7/2022, sejumlah staf bidang pelayanan RSU. ST.Madyang melakukan pemantauan langsung kondisi serta proses pelayanan di lingkungan Rumah Sakit.
Kegiatan tersebut dipimpin langsung dr. Bidasari, kepala bidang pelayanan RSU ST.Madyang.
Dalam giat monitoring yang dilakukan, dr. Bidasari bersama tim tampak melakukan pengecekan disejumlah titik pelayanan rumah sakit, hingga keruang perawatan pasien.
Kepada awak media, dr. Bidasari menjelaskan, giat monitoring seperti yang kali ini dilakukan merupakan rangkaian kegiatan rutin untuk mengetahui secara langsung kondisi dan proses pelayanan yang dilakukan dilingkungan Rumah Sakit.
Dirinya menjelaskan, RSU ST Madyang sudah memiliki standar pelayanan yang harus diperhatikan setiap petugas guna mewujudkan layanan kesehatan masyarakat yang paripurna sebagaimana tujuan dan visi-misi pendirian RS ST. Madyang.
“Monitoring seperti ini tujuannya untuk memastikan terselenggaranya standar pelayanan yang telah ditetapkan di RSU ST. Madyang,” terang dr. Bidasari.
Selain untuk melihat langsung proses pelayanan, giat monitoring rutin tersebut juga dilakukan untuk lebih mendekatkan hubungan antara pasien dan tenaga kesehatan yang ada, sekaligus membangun komunikasi serta mendengarkan keluhan dan masukan dari masyarakat, khususnya para pasien, guna mewujudkan pelayanan prima melalui pendekatan psikologi sosial masyarakat.
“Kami terus berupaya agar setiap pengunjung terutama pasien dan keluarganya bisa merasa nyaman selama menjalani proses perawatan di RSU ST. Madyang,” harapnya.
Lebih lanjut dr. Bidasari menjelaskan, hasil dari kegiatan monitoring yang dilakukan selanjutnya akan dilaporkan kepada pimpinan, sebagai bentuk masukan dan bahan evaluasi terhadap kebijakan yang akan diterapkan.
dr. Bidasari menambahkan, keberadaan serta kemampuan SDM yang dimiliki setiap petugas adalah salah satu penunjang dalam mewujudkan impian masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang nyaman, baik dan berkualitas.
“Sebuah tempat yang mewah dengan perabot lengkap dan canggih sekalipun tidak akan berguna jika penghuninya tidak bisa merawat dan menjaganya dengan baik,” ungkapnya mengibaratkan.
Untuk itu, dirinya selaku penanggungjawab bidang pelayanan mengaku sangat penting untuk selalu memantau secara langsung sistem pelayanan yang telah dilakukan para staf dan tenaga medis yang ada, demi menjamin terwujudnya layanan kesehatan yang paripurna.
Untuk diketahui, dalam memaksimalkan pelayanan, RSU ST. Madyang telah melengkapi berbagai fasilitas dan peralatan kesehatan penunjang, diantaranya penyediaan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM-RS), serta telah melayani hampir semua jenis spesialis penyakit.
“Bahkan, RSU. ST. Madyang telah berhasil meraih Juara Satu Penilaian Komitmen Rumah Sakit Terbaik se-Luwu Raya,” terangnya. (Arni/Agghacheno85)
