BANNER KABUPATEN LUWU

Sekda Palopo Hadiri Kampanye “Aksi Bergizi” Dinkes Palopo

Sekda Palopo Hadiri Kampanye "Aksi Bergizi" Dinkes Palopo.
Sekda Palopo Hadiri Kampanye “Aksi Bergizi” Dinkes Palopo.

.

Palopo, Libasnews.co.id-

Sekretaris Daerah Kota Palopo, Bapak Drs. H. Firmanza DP, SH., M.Si  Mewakili Walikota Palopo Menghadiri Kampanye “Aksi Bergizi” di Lapangan Pancasila. Jumat 26 Mei 2023.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Palopo adalah kegiatan senam bersama anak-anak remaja putri , deteksi dini bagi ibu hamil dan remaja putri berupa pemeriksaan darah, HB, pengukuran lingkar perut, berat badan dan tinggi badan, edukasi kesehatan bagi remaja putri, ibu hamil dan ibu nifas dan penilaian lomba pangan sehat. 

Laporan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo Bapak dr. Nasaruddin Nawir, Sp.Og mengatakan betapa pentingnya itu aksi bergizi dan tujuannya yang utama sebenarnya sudah dilaksanakan sejak lama terutama pada ibu hamil, sekarang Pemerintah melalui sekolah SMP dan SMA memberikan tablet tambah darah untuk anak-anak SMP dan SMA untuk remaja putri yang diberikan seminggu sekali.

Tujuan dari kegiatan gerakan aksi bergizi ini adalah menumbuhkan kesadaran sejak dini bagaimana pentingnya ini tablet tambah darah karena kalau kita melihat tablet tambah darah ini kita tidak butuhkan kalau kita punya gizi betul-betul seimbang terutama dalam protein hewani.

Sekarang kita melihat bahwa gizi makanan sekarang ini kurang protein hewani sedangkan protein hewani memiliki banyak tablet besinya tetapi karena kurang akhirnya Pemerintah melihat tingginya angka anemia pada remaja putri tentunya sudah berdampak pada kecerdasan, kalau kecerdasannya rendah tentu kita tidak bisa menghasilkan SDM yang berkualitas.

Sambutan Walikota Palopo dalam hal ini diwakili Sekretaris Daerah Kota Palopo, Bapak Drs. H. Firmanza DP, SH., M.Si berharap aksi bergizi tahun 2023 ini dengan menggalakkan pencegahan bahaya anemia, dapat mengantarkan kita pada kondisi semakin berkurangnya bahkan menekan semaksimal mungkin kasus anemia dikalangan remaja putri dan kaum perempuan lainnya di Kota Palopo.

Oleh karena itu diperlukan langkah yang intens dan kreatif dengan pendekatan sinergi dan kolaboratif dalam mencegah kasus anemia ini secara berkelanjutan.

Gerakan aksi ini membuka inspirasi bagi kita semua, untuk dapat lebih menumbuhkan semangat, kemauan, dan kemampuan menjalankan tugas dan amanah sebagian dari stakeholder utama dalam rangka mencegah bahaya anemia bagi remaja putri dan kaum perempuan lainnya di Kota Palopo.

Saya juga ingin menekankan kepada kita semua, bahwa masalah bahaya anemia ini juga menjadi perhatian Pemerintah kita, bukan hanya karena menjadi salah satu parameter keberhasilan dalam bidang kesehatan, atau karena menjadi bagian dari indikator capaian SDG’s (Suistinable Development Goal’s).

Turut dihadiri Ketua tim penggerak PKK Kota Palopo, Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Palopo, Pimpinan OPD terkait serta siswa SMP dan SMA Kota Palopo. (Arni/Kominfo)

ARTIKEL TERKAIT
Visi - Misi RSUD Sawerigading Palopo