ART MEDIA DISKOMINFO 2024 (1)

Terbaik Kedua Respon Aduan Masyarakat, DKISP Luwu Diminta Tingkatkan Pengelolaan SP4N Lapor

Terbaik Kedua Respon Aduan Masyarakat, DKISP Luwu Diminta Tingkatkan Pengelolaan SP4N Lapor
Terbaik Kedua Respon Aduan Masyarakat, DKISP Luwu Diminta Tingkatkan Pengelolaan SP4N Lapor

Belopa_Luwu, Libasnews.co.id–

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Briokrasi RI (Kemenpan RB) melakukan monitoring dan evaluasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N)-LAPOR se-Provinsi Sulawesi Selatan yang berlangsung di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Jum’at (10/03/2023).

Dalam Monev tersebut, Kemenpan RB menyampaikan beberapa data terkait hasil evaluasi kinerja Dinas Kominfo se Sulawesi Selatan dalam mengelola aplikasi SP4N LAPOR.

“Data SP4N LAPOR tahun 2022 wilayah Sulsel terdapat 903 laporan, 42% tundak lanjut dan baru 32% kabupaten/kota yang menyusun rencana aksi,” ungkap Analis Kebijakan Muda Sub Koordinator SP4N-LAPOR Kemenpan RB, Rosikin.

Dari data tersebut, menempatkan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Luwu berada pada posisi kedua sebagai instansi dengan performa terbaik dengan total laporan 27, 93% tindak lanjut dan sudah menyampaikan rencana aksi.

“Atas kinerja ini kami menyampaikan apresiasi kepada Kabupaten Luwu dan selanjutnya bisa menjelaskan kiat-kiat yang telah dilakukan dalam pertemuan ini,” kata Rosikin.

Berdasarkan data hasil pengelolaan laporan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Luwu di daulat sebagai Instansi dengan performa terbaik se-Provinsi Sulawesi Selatan dalam tindak lanjut laporan masyarakat serta kelengkapan administrasi.

Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government DKISP Kabupaten Luwu, Irwan, selaku penanggung jawab SP4N-LAPOR Kabupaten Luwu kemudian memaparkan kiat-kiat yang dilakukan dalam mewujudkan performa tersebut.  “Kami menerapkan sistem kerja cepat tanggap dan membentuk grup khusus tim SP4N-LAPOR Kabupaten untuk mempercepat proses tindak lanjut laporan masyarakat,” jelas Irwan.

Irwan juga menyampaikan bahwa kerjasama antar bidang di DKISP Luwu serta kolaborasi yang baik antar admin penghubung di setiap Perangkat Daerah Kabupaten Luwu telah membantu mewujudkan pelayanan SP4N-LAPOR yang efektif dan efisien sehingga masyarakat memperoleh pelayanan yang maksimal.

Usai mendengarkan pemaparan, Kemenpan-RB kembali menghimbau Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan untuk dapat meningkatkan performanya dalam pengelolaan SP4N-LAPOR sebagai upaya meningkatkan animo serta partisipasi masyarakat dalam pemantauan kinerja dan pelaksanaan program pemerintah. Hal ini bertujuan untuk menyediakan pelayanan publik yang berkualitas. (Agghacheno85/kominfo).

ARTIKEL TERKAIT
Visi - Misi RSUD Sawerigading Palopo