BANNER KABUPATEN LUWU

Tindak Lanjuti Hasil Rakor Stabilisasi Pangan Dinas Ketahanan Pangan Luwu Gelar Gerakan Pangan Murah

Tindak Lanjuti Hasil Rakor Stabilisasi Pangan Dinas Ketahanan Pangan Luwu Gelar Gerakan Pangan Murah.
Tindak Lanjuti Hasil Rakor Stabilisasi Pangan Dinas Ketahanan Pangan Luwu Gelar Gerakan Pangan Murah.

Belopa_Luwu, Libasnews.co.id–

Menindaklanjuti hasil Rapat Koordinasi serta surat Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Selatan Nomor 008/6436/X/2021/DKP tanggal 02 Oktober 2023 perihal Pelaksanaan Gerakan Pangan Murah Dalam Rangka Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan Tahun 2023, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu menggelar Kegiatan Gerakan Pangan Murah dilaksanakan di lapangan Opu Daeng Risaju, Kelurahan Tampumia Radda Kecamatan Belopa, Senin (9/10/2023).

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Luwu, Ruslang ST mengutarakan, bahwa kegiatan ini terlaksana atas kerja sama dengan Dinas Ketahanan Provinsi Sulawesi Selatan, Perum Bulog Cabang Palopo dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu.

“Sebagaimana arahan dari bapak Pj Gubernur Sulsel yang memiliki 8 (delapan) program prioritas, satu diantaranya adalah menjaga ketahanan dan kedaulatan pangan yang kemudian ditindak lanjuti oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulsel dan Kabupaten Luwu dengan menggelar Gerakan Pangan Murah,” tutur Ruslang.

Menurutnya, Gerakan Pangan Murah ini merupakan bagian dari peran pemerintah dalam membantu masyarakat, karena semua kebutuhan bahan pokok yang dijual dengan harga dibawah harga pasaran.

“Beras Premium dari Bulog dijual dengan harga Rp.53.000/5 kg, telur ayam ras Rp.48.000/rak,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK, Dr. Hj. Hayarna Basmin, SH. MSi yang turut langsung melayani masyarakat mengatakan kegiatan ini sangat membantu khususnya bagi para ibu rumah tangga dalam memenuhi kebutuhan pangan keluarga.

“Kehadiran PKK sebagai wujud sinergitas dengan pemerintah daerah dalam rangka melaksanakan 10 program pokok PKK dimana didalamnya ada Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga. Kegiatan pangan murah ini sangat membantu memenuhi kebutuhan keluarga. Selain itu, juga membantu UMKM binaan PKK dan Dekranasda yang menjual kue khas Luwu,” jelas Hj. Hayarna.

Pada Gerakan Pangan Murah ini, minyak goreng Panah Mas di jual dengan harga Rp. 85.000/5 liter, minyak goreng Alif Rp.16.000/liter, minyak Kita Rp.14.000/liter, gula pasir Rp.14.500/kg, terigu Rp.10.000/kg, bawang putih Rp.37.000/kg, bawang merah Rp.22.000/kg dan kue gambung dijual Rp.15.000/2 bungkus.  Gerakan Pangan Murah dilaksanakan selama 2 hari, senin-selasa tanggal 9-10 Oktober 2023. (Arni/Kominfo).

ARTIKEL TERKAIT
Visi - Misi RSUD Sawerigading Palopo