BANNER KABUPATEN LUWU

Bersama Pj Gubernur Sulsel, Pj Walikota Palopo Hadiri pembukaan PAF.

Bersama Pj Gubernur Sulsel, Pj Walikota Palopo Hadiri pembukaan PAF.
Bersama Pj Gubernur Sulsel, Pj Walikota Palopo Hadiri pembukaan PAF.

Palopo, Libasnews.co.id-

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin didampingi Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani menghadiri pembukaan Palopo Art Festival (PAF) 2023 di pelataran Mall of Palopo depan Istana Kedatuan Kota Palopo, Minggu (5/11/ 2023).

Palopo Art Festival (PAF) menjadi agenda tahunan Pemerintah Kota Palopo melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Palopo kembali menggelar Palopo Art Festifal tahun ke 5 berlangsung dari 5 – 7 November 2023 mengangkat tema “Kemilau Palopo”.

Kegiatan sangat meriah dimana sejumlah kegiatan dilaksanakan berupa pameran photo hasil dari jepretan komunitas Photography dan para pekerja seni Photography lainnya, berupa photo lanscape, macro dan candid person, selain itu juga ada kegiatan live painting, pameran produksi hasil para pelaku usaha kreatif, live music, pertunjukan seni tari, dan fashion show.

Asrul Sani dalam sambutannya, mengharapkan nantinya even seperti ini bisa menjadi karisma even nasional, dengan menampilkan pameran seni, hasil hasil para pelaku usaha kreatif binaan pemerintah Kota Palopo dan perwakilan pemerintah daerah se Sulsel.

Ia menjelaskan bahwa Karisma Even Nusantara (KEN) merupakan strategi kolaborasi Kemenperkraf bersama pemerintah daerah dan seluruh stakeholder pariwisata, untuk menaikkan citra pariwisata Indonesia dan penggerak kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Lanjut Asrul Sani mengatakan, bahwa Kota Palopo memenuhi kriteria yang disyaratkan untuk masuk sebagai pertujukan unggulan yang diajukan oleh Dinas Pariwisata Sulsel ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) olehnya itu, upaya perbaikan terus dilakukan termasuk dengan meningkatkan lingkup kegiatan Palopo Art Festival (PAF) dari awalnya berskala lokal Kota Palopo, menjadi berskala regional Sulawesi Selatan, harapannya penyelenggaraan sudah dapat masuk peserta kurasi karisma even nasional.

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin sekaligus membuka secara resmi Palopo Art Festival menyampaikan, bahwa negara ini dilahirkan dan dibentuk untuk menghadirkan kebahagiaan lahir dan batin bagi warganya, termasuk even yang dilakukan saat ini. Khususnya untuk menghadirkan kebahagiaan lahir dan batin bagi warga Kota Palopo. Memberikan penghargaan dan menghormati upaya baik yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Palopo melalui kegiatan Palopo Art Festival (PAF) tahun 2023.

“Festival ini adalah instrumen atau cara kita untuk menghargai berbagai karya-karya seni terbaik,” kata Pj Gubernur Bahtiar.

Lanjutnya, bahwa dari kegiatan pentas seni yang ditampilkan menggambarkan bahwa betapa Kota Palopo tempat bermukim seluruh budaya nusantara atau boleh disebut Kota Palopo Kota Nusantara.

Bahtiar Baharuddin merasa bangga dan senang bisa kembali ke Kota Palopo, merupakan bagian dari keluarga besarnya.

“Maka dari itu ia meminta agar mendukung dan membantu dalam masa jabatannya sebagai Pj Gubernur Sulsel juga mendukung menjaga ketentraman ketertiban Pilkada serentak yang akan dilaksanakan Februari 2024 mendatang. Selamat dan sukses kepada panitia pelaksana semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini
semuanya keren,” tutup Pj Gubernur Sulsel.

Turut hadir, Datu Luwu diwakili Dewan Adat, Wabup Luwu Utara, unsur Forkopimda Kota Palopo, Ketua TP-PKK Sulsel dan Kota Palopo, sejumlah pejabat pembina pratama lingkup Pemerintah Sulsel dan lingkup pemerintah Kota Palopo , para pelaku seni, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya. (Arni/Kominfo)

ARTIKEL TERKAIT
Visi - Misi RSUD Sawerigading Palopo